Minggu, 24 Juli 2011

Senam Pagi yuukkkkzzz

Kegiatan senam pagi merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan menjaga kebugaran jasmani. Senam adalah aktivitas fisik yang dilakukan baik sebagai cabang olahraga tersendiri maupun sebagai latihan untuk cabang olahraga lainnya. Itulah pula sebabnya senam disebut sebagai olahraga dasar. Pertandingan-pertandingan dilakukan mulai dari tingkat anak-anak sekolah sampai pertandingan internasional baik bagi pria maupun wanita.
 Berbicara mengenai senam pagi maka akan berpengaruh terhadap kesegaran jasmani, maka persepsi dari kesegaran jasmani adalah kemampuan untuk melakukan kegiatan sehari-hari dengan penuh vitalitas dan kewaspadaan tanpa mengalami kelelahan yang berarti dan masih cukup energy untuk bersantai pada waktu luang dan manghadapi hal-hal yang sifatmya darurat. Kesegaran jasmani hakekatnya berkaitan dengan kondisi fisik seseorang dalam melaksanakan tugas sehari-hari secara efisien dalam watu yang relative lama tanpa mengalami kelelahan yang berarti dan masih memiliki cadangan tenaga untuk melakukan aktivitas lainnya. 

Banyak cara yang dapat ditempuh untuk mendapatkan kesegaran jasmani, salah satu diantaranya adalah dengan berolahraga(senam pagi). Oleh karena itu senam pagi dapat dijadikan sebagai bagian dari kehidupan, sehingga tidak salah apabila orang mengatakan jangan harap kondisi fisik menjadi optimal dan tetap segar jika tubuh tidak aktif bergerak. Fisik yang tidak aktif bergerak akan merangsang tubuhnya menjadi hipokinetik.

Pemahaman dan perilaku ini sudah harus ditanamkan sejak usia dini, yaitu semenjak mereka masih di tingkat Pendidikan Dasar.Oleh karena itu kegiatan senam pagi pada tingkat dasar(SD),harus dibiasakan agar ketika anak anak itu tumbuh dewasa sudah terbiasa dengan rutinitas senam pagi.
Oleh karena itu kami dari bidang kesehatan mengadakan “PROKER SENAM PAGI” yang bertempat di SD Sumberejo 2 yang bertujuan membangun kesadaran murid murid SD tentang pentingnya senam pagi.Sebelum kami melakukan kegiatan senam pagi pada tanggal 20 juli 201,pukul 07.00 Wib di SD Sumberejo 2 kami terlebih dahulu melakukan observasi pada tanggal 16 & 18 juli 2011 ke SD Sumberejo 2 dan melakukan bincang bincang kepada Guru Olahraga di SD tersebut,dari informasi yang kami peroleh bahwasanya kegiatan senam pagi merupakan kegiatan yang rutin dilakukan di SD Sumberejo 2 tersebut namun dalam pelaksanaan senam pagi tersebut terdapat kendala dalam kurangnya antusias dari siswa dan siswi SD tersebut,dan kami mencoba masuk dalam kegiatan tersebut dengan memberikan motivasi dan informasi tentang pentingnya senam pagi ke pada para siswa dan siswi di SD tersebut,guna memotivasi para siswa dan siswi SD kami memberikan hadiah kepada para siswa dan siswi 5 terbaik dalam senam pagi tersebut dengan penilaianya yang paling bersemangat dalam senam pagi tersebut.(syamsul)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar